IDENTIFIKASI POTENSI & MASALAH LINGKUNGAN HIDUP

No Tujuan Program Adiwiyata Dampak Program Adiwiyata di Sekolah Implementasi Program Adiwiyata Dampak Positif Potensi Lingkungan Hidup Masalah Lingkungan Hidup
1 Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Peningkatan Kesadaran san Partisipasi Pengelolaan Sampah Berbasis Siswa Peningkatan Kesadaran Lingkungan di kalangan sekolah Kesadaran Lingkungan yang tinggi Tantangan Urbanisasi
2 Membangun Sikap Peduli Lingkungan Lingkungan Sekolah yang lebih Bersih dan sehat Penanaman Pohon dan Penghijauan Terciptanya Lingkungan sekolah yang lebih bersih dan sehat Pengelolaan Sampah yang Efektif Keterbatasan Lahan Hijau
3 Mengintegrasikan Pendidikan Lingkungan Hidup Pembelajaran Berkelanjutan Kurikulum Berbasis Lingkungan Siswa menjadi lebih kreatif dalam mencari solusi untuk permasalahan lingkungan yang ada di sekitar mereka Area Penghijauan yang dikelola dengan baik Pengelolaan Sampah yang Menantang
4 Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup Peningkatan Kreativitas dan Invoasi Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Lingkungan - Kurikulum Berbasis Lingkungan Sumber Daya dan Dukungan

TUJUAN PROGRAM ADIWIYATA

DAMPAK PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH

IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA

DAMPAK POSITIF

POTENSI LINGKUNGAN HIDUP

MASALAH LINGKUNGAN HIDUP

Tujuan Program Adiwiyata

  1. Meningkatkan Kesadaran Lingkungan

    Menumbuhkan pemahaman dan kesadaran siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan agar lebih bersih dan sehat.

  2. Membangun Sikap Peduli Lingkungan

    Menciptakan sikap dan perilaku peduli lingkungan di kalangan siswa, guru, dan staf sekolah melalui berbagai kegiatan yang mendukung kelestarian alam.

  3. Mengintegrasikan Pendidikan Lingkungan Hidup

    Mengintegrasikan konsep pendidikan lingkungan hidup dalam kurikulum sekolah, sehingga siswa dapat belajar dan menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

  4. Meningkatkan Kualitas Lingkungan Sekolah

    Memperbaiki kualitas lingkungan fisik sekolah melalui pengelolaan yang tepat, seperti penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan penggunaan energi terbarukan.

Dampak Program Adiwiyata di Sekolah

  1. Peningkatan Kesadaran dan Partisipasi

    Siswa dan warga sekolah menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan.

  2. Lingkungan Sekolah yang Lebih Bersih dan Sehat

    Adanya peningkatan dalam kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah, yang berdampak positif pada kesehatan dan kenyamanan belajar.

  3. Pembelajaran Berkelanjutan

    Siswa mendapatkan pembelajaran berkelanjutan mengenai lingkungan, yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

  4. Peningkatan Kreativitas dan Inovasi

    Mendorong siswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mencari solusi terhadap permasalahan lingkungan yang dihadapi di sekolah.

Implementasi Program Adiwiyata

  1. Pengelolaan Sampah Berbasis Siswa

    SDN Poris Pelawad 6 telah mengimplementasikan sistem pengelolaan sampah yang melibatkan partisipasi aktif siswa. Setiap kelas memiliki tempat sampah terpilah untuk organik dan anorganik, dan siswa dilatih untuk membuang sampah sesuai kategorinya. Selain itu, sekolah juga mengadakan kegiatan daur ulang kreatif yang melibatkan siswa dalam mengubah sampah menjadi barang yang berguna.

  2. Penanaman Pohon dan Penghijauan

    Di tengah area perkotaan yang padat, SDN Poris Pelawad 6 berupaya melakukan penghijauan dengan menanam pohon di sekitar sekolah. Program ini tidak hanya memperindah lingkungan sekolah, tetapi juga berfungsi sebagai sarana edukasi bagi siswa mengenai pentingnya menjaga dan merawat tanaman.

  3. Kurikulum Berbasis Lingkungan

    Sekolah ini mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum dengan memasukkan materi terkait lingkungan pada pelajaran-pelajaran yang relevan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan sejak dini dan mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

  4. Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Lingkungan

    SDN Poris Pelawad 6 menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang berfokus pada pelestarian lingkungan, seperti klub pecinta alam, kelompok daur ulang, dan komunitas kebersihan. Kegiatan ini dirancang untuk menumbuhkan rasa cinta dan tanggung jawab terhadap alam pada diri siswa.

Dampak Positif

  1. Peningkatan Kesadaran Lingkungan di kalangan sekolah
  2. terciptanya lingkungan sekolah yang lebih bersih dan sehat
  3. Siswa menjadi lebih kreatif dalam mencari solusi untuk permasalahan lingkungan yang ada di sekitar mereka

Potensi Lingkungan Hidup

  1. Kesadaran Lingkungan yang Tinggi

    SDN Poris Pelawad 6 memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi baik di kalangan siswa, guru, maupun orang tua. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam kegiatan lingkungan yang diselenggarakan oleh sekolah.

  2. Pengelolaan Sampah yang Efektif

    Adanya sistem pengelolaan sampah berbasis siswa yang melibatkan pemilahan sampah organik dan anorganik menunjukkan potensi besar dalam mengurangi jumlah sampah di sekolah dan meningkatkan kebersihan lingkungan.

  3. Area Penghijauan yang Dikelola dengan Baik

    Meskipun terletak di area perkotaan yang padat, SDN Poris Pelawad 6 berhasil menciptakan area hijau dengan menanam pohon di sekitar sekolah. Ini tidak hanya memperindah lingkungan tetapi juga memberikan edukasi praktis kepada siswa tentang pentingnya penghijauan.

  4. Kurikulum Berbasis Lingkungan

    Pendidikan lingkungan hidup yang terintegrasi dalam kurikulum memberikan potensi bagi siswa untuk memahami dan menerapkan praktik ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Masalah Lingkungan Hidup

  1. Tantangan Urbanisasi

    Lokasi sekolah yang berada di tengah keramaian kota Tangerang menghadirkan tantangan dalam menjaga kebersihan dan kehijauan lingkungan akibat polusi udara dan kebisingan dari lingkungan sekitar.

  2. Keterbatasan Lahan Hijau

    Keterbatasan lahan di area perkotaan dapat menyulitkan sekolah dalam memperluas area penghijauan dan ruang terbuka hijau bagi siswa.

  3. Pengelolaan Sampah yang Menantang

    o Meskipun sudah ada sistem pengelolaan sampah, tantangan tetap ada dalam hal konsistensi dan efektivitas pengelolaan sampah, terutama dalam mengubah perilaku dan kebiasaan siswa secara berkelanjutan.

  4. Sumber Daya dan Dukungan

    o Memerlukan sumber daya yang cukup dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, untuk terus meningkatkan dan mempertahankan pelaksanaan program lingkungan hidup di sekolah.